I will fly

Kamis, 27 September 2012

Emotion Jangan Simpan Sesal di Hati

Semakin tua, wajar jika semakin banyak jumlah penyesalan yang kita miliki. Namun, studi di University Medical Center Hamburg-Eppendorf, Jerman, menunjukkan bahwa anak muda menyimpan penyesalan yang lebih besar.

Study yang dimuat di ” Jurnal Science ” tersebut berusaha meneliti aktivitas otak untuk memahami mekanisme biologis di balik rasa sesal. Tim peneliti membagi subjek menjadi 2 kelompok, yaitu dewasa muda ( rata rata 25 tahun ) dan dewasa lanjut ( rata rata 65 tahun ). Mereka lantas diminta memainkan permainan komputer yang dirancang untuk memicu penyesalan.
Tugas subjek adalah membuka sebanyak mungkin kotak di layar untuk mengumpulkan uang. Mereka bebas membuka kotak dan menambah jumlah uang selama tidak menemui kotak yang ternyata berisi sosok setan. Jika mereka melakukan itu, maka permainan dianggap selesai dan mereka harus mengembalikan seluruh uang yang sudah dikumpulkan.

Para peneliti tertarik mempelajari perasaan subjek saat tahu mereka telah melewatkan kesempatan. Karena itu, di akhir permainan, peneliti mengungkap isi dari kotak kotak yang tidak terbuka kepada para subjej. Semakin banyak kotak yg seharusnya bisa dibuka subjek sebelum menemukan kotak berisi sosok setan, semakin besar pula penyesalan mereka, karena mereka bisa saja mendapatkan lebih banyak uang jika bersikap lebih berani.

Pemindaian MRI terhadap otak para subjek menunjukkan hasil yang menarik. Subjek dewasa muda menunjukkan penyesalan besar ketika melihat bahwa mereka semestinya bisa membuka lebih banyak kotak. MRI juga mengungkapkan penurunan aktivitas di ventral striatum, area otak yg aktik saat orang merasa dihargai.
Sebaliknya, pada subjek dewasa lanjut, yang terjadi justru peningkatan aktivitas di bagian kendali pada otak, yaitu anterior cingulate, yang menunjukkan bahwa mereka berhasil menekan perasaan sesal.
Saya jadi teringat kata orang tua, jika nasi sudah menjadi bubur, janganlah disesali. Mungkin kita harus belajar menjalankannya dengan lapang dada dan tentunya dengan segala resiko yang akan kita hadapi nantinya.

Bill Cosby komedian, aktor sekaligus penulis asal Amerika mengatakan ” Agar bisa mencapai sukses, keinginan Anda untuk berhasil harus lebih besar dari ketakutan Anda terhadap kegagalan “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar