I will fly

Selasa, 23 Oktober 2012

Bagaimana aplikasi dalam kehidupan sehari-hari kita?
Dalam hati kita ada “nafsu”. Nafsu inilah yang menggerakkan kita untuk saling mencaci orang di sekitar kita. Nafsu itu membuat kita menjadi meremehkan orang lain. Nafsu itu menggerakkan telinga kita untuk menolak nasehat. Nafsu menggerakkan otak kita menjadi su’udzon, curiga dan selalu merasa yang kita pikirkan adalah yang paling benar. Nafsu ini yang menggerakkan jantung kita sehingga kita merasa pandai, sombong dan kaku. Nafsu ini yang menggerakkan kaki dan tangan kita untuk marah dalam menyikapi hidup. Penyakit yang nanti akan muncul, biasanya berupa stroke, pusing, sariawan, radang tenggorokan,kanker (segala jenis), bengkak jantung dan penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara menyembuhkannya? Caranya adalah dengan kembali pada Allah SWT., memohon ampun, “Wama ashobaka min sayyiati fa minnafsi” bahwa semua bencana karena perbuatan kita. Berarti, kalau kita mendapatkan bencana berupa penyakit, jika itu dari perbuatan kita, marilah kita mohon ampun kepada Allah SWT.
Prinsip dasar terjadinya kesembuhan disini adalah dengan menekankan pemahaman bahwa: semua penyakit berasal dari perbuatan tangan kita sendiri, yaitu dari tingkah laku kita sehari-hari yang kurangbaik atau dengan kata lain akhlak kita yang tidak sejalan dengan tuntunan Al Qur’an. Sehingga menyebabkan Allah SWT menurunkan suatu musibah berupa penyakit salah satunya agar semata-mata kita kembali ke jalan yang benar.
Hal ini sesuai dengan salah satu ayat diatas ; Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah. QS: As-Syuura 42 :30-31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar